HONDA SOLO BARU

Jl. Ir. Soekarno 168 Solo Baru

Menu

Check Engine Honda Jazz Menyala pada 60 km/jam? Periksa Knock Sensor, Okee!

Friday, March 8th 2019.

Ada kejadian unik yang menimpa Honda Jazz VTEC keluaran 2006. Kejadiannya hanya pada ketika kendaraan menyentuh 60 kpj atau lebih.

Lampu check engine tiba-tiba menyala. Kemudian ketika kendaraan sudah berhenti dan mesin dimatikan, pada saat dinyalakan kembali check engine light hilang. Alias normal tanpa adanya gangguan.

Kejadian ini berulang-ulang kali terjadi sampai pria bertubuh tinggi besar ini membawa kendaraannya untuk didiagnosis. Hasil scan langsung ketahuan, bersumber dari knock sensor. Letaknya di bawah intake manifold, ada 1 sensor menempel ke blok mesin. “Ternyata soketnya terlepas,”.
Fungsi knock sensor cukup penting untuk mengatur ignition timing. Jika terjadi ngelitik, maka timing pengapian akan dimundurkan. “Kalau tanpa knock sensor, maka bisa jadi gejala ngelitik terus ada karena timing pengapian sudah di-set dari pabrikan tidak bisa diubah,” ujar Rudy Solihin dari Ramayana Motor Kedoya, spesialis Honda. Knocking tentu saja membahayakan bagi internal mesin.
Jadi kalau kendaraan Honda Jazz GD3 VTEC tiba-tiba mengalami kejadian serupa. Hal pertama tinggal cek knock sensor saja. Berikut tips do it yourself pengecekan knock sensor sekaligus membersihkannya.
1. MIL (Malfunction Indicator Light) atau akrab disebut check engine menyala setiap jarum speedometer menyentuh 60 kpj. “Hal ini disebabkan pada RPM tertentu dan speed tertentu, ECU meminta data dari knock sensor jika ada terjadi ngelitik atau tidak,” ujar Rudy Solihin. Ketika data tidak dikirimkan oleh knock sensor, maka ECU otomatis langsung memunculkan MIL.
2. Soket terlepas atau tidak kencang dapat menyebebkan trouble code pada masing-masing sensor. Contohnya knock sensor yang dialami modifikator motor besar ini. “Mungkin karena saya pakai bahan bakar oktan 95 jadi tidak ada gejala ngelitik. Kalau pakai RON 88, mungkin sudah knocking tuh,” ucap Robby
3. Sekalian saja dibersihkan dahulu sebelum dipasang. Cara membersihkan cukup mudah. Gunakan saja contact cleaner dan disemprotkan ke terminal pada sensor dan soketnya. Walaupun cairan tersebut memiliki sifat quick dry, namun tidak ada salahnya didiamkan sekitar 10 menit agar cairan benar-benar kering.
4. Pasangkan kembali soket knock sensor, dan pastikan sampai terdengar bunyi klik. Cek kembali apakah soket sudah benar-benar terkunci sempurna pada sensor.
5. Lakukan reset history trouble code dengan cara mencabut terminal aki negatif selama 30 menit. “Cara ini adalah opsional. Tidak di-reset juga tidak masalah. Namun history akan tetap ada bahwa kendaraan pernah mengalami error pada knock sensor,
sumber : otomotifNET

Incoming search terms:

  • lampu check enjin knock sensor tidak hilang

Mobil Terbaru

Best Seller
Limited
Best Seller

Related Article Check Engine Honda Jazz Menyala pada 60 km/jam? Periksa Knock Sensor, Okee!

MENGHEMAT BAHAN BAKAR — Kenaikan BBM baik itu bensin, solar, pertamax atau yang lainnya menjadi hal yang dikhawatirkan banyak orang. Maklum saja kenaikan BBM tentu…

Hondasolobaru.nt – Honda CR-Z beberapa waktu lalu mendapatkan sejumlah penyegaran di Jepang. Tak lama berselang, beberapa perubahan rupanya juga dilakukan Honda di Amerika Serikat. Sedianya,…

Dapatkan promo menarik khusus untuk anda warga soloraya ,( Surakarta, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten dan Boyolali), ada pun beberapa promo yang kita berikan adalah…