HONDA SOLO BARU

Jl. Ir. Soekarno 168 Solo Baru

Menu

Teknologi Mesin Baru New Honda Jazz

Thursday, June 13th 2019.

Sport Hybrid i-DCD, Senjata Baru New Honda Jazz

Tokyo – Honda sepertinya benar-benar serius mempersiapkan New Honda Jazz sebagai mobil masa depannya. Bahkan dengan populeritasnya yang tinggi, Honda masih juga menyematkan teknologi baru pada hacthback andalannya ini.

Ketika pemberitaan mengenai New Honda Jazz muncul, selain perubahan tampangnya, yang paling banyak bikin kita terpesona adalah hitungan konsumsi bahan bakarnya. Satu liter BBM bisa menempuh jarak sejauh 36,4 km, fantastis!
Apa yang dilakukan Honda sehingga New Honda Jazz layak disebut-sebut sebagai mobil paling irit BBM? Adalah penyematan teknologi pada mesin barunya, Sport Hybrid i-DCD. i-DCD sendiri merupakan singkatan dari Intelligent Dual Clutch Drive.
Mesin baru ini merupakan hasil pengembangan terbaru dari Earth Dreams Technology Honda. Tujuannya jelas meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga lebih dari 35 persen dibandingkan sistem Hybrid konvensional IMA Honda.
Mesin ini juga punya ukuran yang lebih kecil, sehingga bobotnya pun lebih ringan, mengandalkan sistem hybrid satu motor untuk mesin-mesin kecil. EV Drive yang terdapat didalamnya, dapat memisahkan mesin bensin dan juga motor listrik.
Sementara bassis mesin bakarnya, berkapasitas 1.5 liter 4 silinder segaris, yang menerapkan siklus Atkinson (siklus rasio dengan ekspansi tinggi). Mesin ini dipadukan dengan transmisi 7 speed kopling ganda.
Sementara sistem built-in high-motor pada outputnya, dan IPU (Intelligent Power Unit) yang dilengkapi dengan baterai built-in lithium-ion. Selain itu juga mengadopsi electric servo brake system yang meningkatkan efisiensi listrik secara regeneratif dan kompresor listrik yang berguna untuk mengurangi beban pada mesin.
Sport Hybrid i-DCD terintegrasi dengan 3-mode driving system yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mesin dan motor tergantung situasi pada saat mengemudi.
Mode pengendaraannya ada 3 yakni EV drive dimana hanya tenaga listrik yang bekerja, Hybrid Drive Mode dimana tenaga listrik dan mesin bakar bekerja bersamaan, dan Engine Drive Mode hanya tenaga mesin yang bekerja.
Dengan teknologi ini, Honda semakin percaya diri untuk mengedepankan New Honda Jazz bersaing dengan mobil-mobil hybrid lainnya, tidak hanya buatan pabrikan Jepang seperti Toyota Prius, tapi juga semua mobil hybrid karya pabrikan global lainnya.
sumber : otomotifnet

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Best Seller
Limited

Related Article Teknologi Mesin Baru New Honda Jazz

hondasolobaru.net – “Wisata Plus Honda Mobilio Tantangan Hemat 20 km/liter” seri ke-4, digelar Honda Prospect Motor, hari Sabtu, (18/10), Menghasilkan pemenang 23,7 km/liter dari calon…

Perjalanan darat khususnya mengendarai mobil memang cukup mengasyikkan. Meski akan terjadi beberapa kemacetan, namun momen bersama keluarga dipastikan akan tetap menyenangkan. Hanya saja, untuk pelesiran…

Di ajang Guangzhou Auto Show 2015, Honda telah memperkenalkan Elysion generasi kedua yang diproyeksikan sebagai pesaing Alphard/ Velfire. Melihat garis desainnya, sepertinya itu terlhat mirip…