HONDA SOLO BARU

Jl. Ir. Soekarno 168 Solo Baru

Menu

Bersihkan Ban Sendiri, Mudah dan Murah

Saturday, February 1st 2020.
Jangan pernah anaktirikan ban. Sebab hanya karet bundar itu yang menjamin keselamatan sekaligus kenyamanan. Sebab itu ban juga perlu dirawat. Tidak terlalu sulit untuk merawat ban, hanya butuh kesabaran dan ketelitian saja.

Ada beberapa keuntungan yang didapat jika ban dalam keadaan bersih dan terawat. Selain bisa memantau kondisi komponen kaki-kaki, ban yang terawat juga menghindarkan kita dari hal-hal yang tak lazim.

Sebagai contoh, jika ban habis bagian dalam atau luar, maka ada seting camber roda tidak normal. Ban terlalu nekuk, baik ke sisi dalam maupun luar. Atau ban bergelombang, menjadi salah satu indikasi kalau perangkat sokbreker sudah tak lagi bagus. Maklum, habis perjalanan jauh dan disiksa dengan beban berat, bisa saja hal ini terjadi.

Ban yang bersih juga bisa menambahkan kewaspadan pemiliknya. Sebab, kondisi sebenarnya bisa terpantau dengan baik. Jika ada paku atau lempeng tajam lainnya yang tertancap ke ban, bisa dilihat dengan baik.

Sayangnya, masih jarang pemilik mobil yang concern terhadap kebersihan ban. Karet bundar tersebut baru ditengok kalau sudah kurang angin atau kempis. Padahal proses pembersihan ban amat sangat mudah.

1. Cuci ban menggunakan air. Supaya bersihnya lebih maksimal, bisa memanfaatkan sabun. Seandainya menggunakan sabun detergen, harus langsung cepat disiram. Sebab jika dibiarkan, bisa membuat karet getas. Lebih baik mengulangi pembersihan ban berulang daripada membiarkan sabun berlama-lama di ban. Saat ban diberi sabun, deteksi juga jika ada kebocoran halus. Biasanya akan terjadi gelembung berulang-ulang di titik tersebut.
2. Membilas bekas sabun memang lebih enak menggunakan lap, karena bisa sekalian membersihkan telapak ban. Namun sebaiknya, gunakan tangan saja tanpa lap supaya bisa mengetahui kontur dari setiap telapak ban. Dengan tangan tanpa alas bisa lebih sensitif terhadap perubahan yang ada. Sehingga bisa dideteksi apakah ban tersebut gelombang atau tidak.

3. Setelah kondisi ban bersih dan air sudah mengering, jangan masuk rumah dulu. Kini saatnya membersihkan celah-celah ban dari batu yang ada. Dengan batu yang dibiarkan pada celah tersebut berlama-lama, maka ban bisa jadi rusak. Dikhawatirkan, ada celah yang bisa membuat air menelusup bagian dalam ban. Jika sudah demikian, jalinan kawat dalam ban bisa berkarat dan rusak. Hati-hati ketika mencongkel batu atau apapun dicelah ban. Jangan sampai melukai karet bundar tersebut.

4. Selain ban, bersihkan juga pelek serta pentilnya. Pembersihan pelek untuk mengembalikan kecantikannya. Namun kalau pembersihan pentil memiliki makna lain. Bisa mendeteksi kebocoran halus yang biasanya berasal dari sekeliling pentil. Bisa karena pentil yang sudah jelek, atau karet pentil yang sudah mulai getas. Tidak terindikasi apapun selain tekanan angin terus menurun. Sebab, kerusakan yang diderita tak kasat mata. Pengecekannya bisa menggunakan air sabun.”Ini yang banyak konsumen belum tahu. Ban kempes disangkanya ada bocor atau kualitas ban jelek. Padahal bisa dari pentil atau karetnya,” ucap Teguh Wahyudi, kepala bengkel Sumber Rezeki di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. 

sumber : Otomotifnet

Mobil Terbaru

Limited
Best Seller
Best Seller
Best Seller

Related Article Bersihkan Ban Sendiri, Mudah dan Murah

Sebuah undangan istimewa datang dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Dalam rangkaian acara mengunjungi perhelatan Tokyo Motor Show 2015 lalu, salah satu sesi yang tersedia…

Otosia.com – Bagi Anda pengguna mobil yang baru akan memasang kaca film, pemasar kaca film Iceberg menyarankan agar level gelap pada bagian kaca depan dan…

Promo Spesial Bulan Ramadhan Menyambut Lebaran HondaSolobaru.net – Momen lebaran memang saat yang dinatikan bagi seluruh umat muslim di indonesia dimana satu dengan yang lain bisa…