HONDA SOLO BARU

Jl. Ir. Soekarno 168 Solo Baru

Menu

Bersihkan MAF Sensor Honda Jazz, Tinggal Semprot, Mesin Sehat

Sunday, March 22nd 2020.

Sering kali setiap melakukan perawatan All New Honda Jazz, MAF (mass air flow) sensor lupa dibersihkan. Biasanya karena dianggap sebelum di-tune up, tidak ada masalah dengan MAF sensornya atau juga lampu check engine tidak menyala. Jadi, dianggap tidak ada kerusakan sensor.


Walaupun tidak rusak dan masih bekerja dengan baik, namun jika tidak dirawat, komponen ini akan rusak atau tidak membaca aliran udara dengan tepat, yang disebabkan banyaknya kotoran pada MAF. Apalagi jika sudah menggunakan filter udara replacement atau model open filter.

Kalaupun terlewati oleh bengkel, tenang saja. Membersihkan sendiri pun caranya tidak sulit. Cukup sediakan obeng plus dan MAF cleaner atau boleh juga menggunakan electronic cleaner yang khusus untuk komponen elektronik (gbr.1).

Langkah pertama, pastikan kunci kontak pada posisi OFF atau terlepas dari rumah kunci kontak. Lalu lepaskan kedua baut pengunci MAF sensor dengan menggunakan obeng plus (gbr.2). Kemudian lepaskan soketnya dengan cara ditekan penguncinya, lalu di tarik. Jika sudah terlepas baut pegangan sensor, tinggal ditarik ke atas sensornya.

Berikutnya proses pembersihan sensor. Arahkan semprotan cairan pembersih ke lubang di MAF. “Cukup semprot sekitar 10 sampai 15 kali semprotan. Lalu semprot juga keseluruhan MAF (gbr.3),” sebut Rudy Solihin dari Ramayana Motor, spesialis Honda. Setelah itu keringkan dengan cara natural. Boleh ditiup dengan mulut ataupun kompresor (gbr.4), tapi anginnya harus diatur tidak boleh kencang karena dapat merusak sensor. Bisa juga didiamkan, karena cairan pembersihnya cepat mengering.

“Setelah yakin benar-benar kering, baru boleh dipasang kembali MAF-nya,” ujar pebengkel di bilangan Kedoya, Jakbar. Caranya tinggal pasangkan kembali ke dudukan MAF sensor, kemudian kencangkan baut pegangannya. Jangan terlalu dipaksakan kekencangan baut, karena dapat merusak pegangan dan drat di dudukan MAF. Jangan lupa pasangkan kembali soket wiring ke MAF, pastikan sampai terdengar suara klik yang artinya sudah mengunci.

Sekarang, silahkan hidupkan mesin dan pastikan lampu check engine tidak menyala. Jika menyala, matikan mesin dan coba reset ECU dengan mencabut kepala negatif battery selama 30 detik, kemudian pasangkan kembali. “Tapi biasanya kasus check engine jarang sekali terjadi,” bilang Rudy lagi.

Mobil Terbaru

Limited
Best Seller

Related Article Bersihkan MAF Sensor Honda Jazz, Tinggal Semprot, Mesin Sehat

hondasolobaru.net – Mobil jenis transmisi matik 10 tahun terakhir terus diminati banyak masyarakat utamanya warga ibu kota. Tak heran jika kemudian populasinya terus bertambah banyak.…

Spesifikasi Mobil Honda CR-Z Spesifikasi, fitur dan material dapat berbeda dengan aktual kendaraan yang di jual. Perubahan warna, material serta kelengkapan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa…

hondasolobaru.net – Setelah sekian lama di tunggu-tunggu kini telah hadir honda new brio rs spesial edition penyempurnaan tampilan dari generasi honda new brio rs terdahulu,…